Rabu, 22 Oktober 2014

IPhone Mendatang Akan Dilengkapi dengan Remote Mobil?

Dalam pengajuan paten yang baru diterbitkan, Apple menjelaskan cara untuk menggunakan perangkat remote untuk mobil. Mulai dari menyesuaikan suhu AC dalam mobil, membuka kap mesin secara otomatis dan melakukan beberapa fungsi lain yang dapat dilakukan melalui iPhone mendatang. Apple sepertinya  ingin mengubah iPhone mendatang, tidak hanya sekedar ponsel pintar, namun juga menjadi sebuah remote control yang canggih untuk memudahkan operasional mobil Anda.

Dilansir dari cnet, adalah sebuah dokumen pengajuan paten yang diterbitkan pada hari Selasa (21/10) oleh US Patent dan Trademark Office, permohonan paten yang  oleh Apple disebut " Accessory Control With Geo-fencing " menggambarkan sebuah bidang virtual sekitar mobil, dengan perangkat berbentuk remote yang dikenal dengan  teknologi geofensi. Dengan mendeteksi kedekatan  mobil berdasarkan geofensi tersebut, iPhone kemudian dapat melakukan berbagai tugas, seperti membuka pintu, memulai kunci kontak untuk menyalakan mobil atau membuka bagasi mobil.

Sebagai alternatif, penemuan Appleini  akan menjalankan fungsi tertentu secara otomatis berdasarkan posisi Anda di dalam atau di luar geofensi tersebut. IPhone Anda sendiri bisa berkomunikasi dengan mobil Anda melalui aplikasi CarPlay atau perangkat serupa. 

Sebagai contoh, setelah meninggalkan mobil dan iPhone bisa mengirim sinyal untuk mengunci pintu secara otomatis dan mengaktifkan alarm.  Namun  jika berada di dalam mobil, iPhone bisa mengaktifkan pengaturan suhu ACa dalam mobil, mengaktifkan musik, membuka kap mobil, hingga mengunci pintu  mobil.

Namun pihak Apple masih bungkam, apakah fungsi remote untuk mobil ini akan diberlakukan untuk penerus iPhone 6 dan 6 Plus, ataukah juga akan dibuat aplikasi terbuka yang dapat digunakan di iPhone seri lawas juga. (Nariswari)

Tidak ada komentar: